Jumat, 16 Desember 2011

Tips Keluarga Bahagia di Rumah

Bagi pasangan yang akan menikah ataupun telah menikah, akan bertanya bagaimana tips keluarga bahagia. Untuk sebuah pasangan, terutama bagi yang akan melakukan pernikahan, tips-tips atau nasehat perkawinan memang sangat diperlukan demi kelangsungan hidup berumah tangga.
Tips Keluarga Bahagia
Tips Keluarga Bahagia

Memiliki keluarga bahagia tentunya diinginkan bagi setiap orang, termasuk diri Anda juga bukan ?. Semua orang terutama orang yang akan menikah pasti mengharapkan keluarga yang bahagia. Di dalam kenyataan hidup, tidak semua orang bisa beruntung membuat keluarganya bahagia, akan tetapi kebahagiaan di dalam keluarga tersebut bukanlah mempunyai keluarga yang lengkap dan memiliki segalanya melainkan keluarga yang dibangun bersama dalam keadaan suka dan duka.

Seputar Keluarga Bahagia

Keluarga bahagia dapat menjalani segala kebersamaan yang terjalin dalam keluarga. Setiap anggotanya ada ketika telah selesai menjalani aktivitas keseharian yang sibuk. Mereka berkumpul bersama dalam rumah dengan saling berbagi cerita, bercanda, tertawa, mampu berbagi peran, mampu mengatasi berbagai masalah yang timbul bersama-sama, menyenangkan satu sama lainnya, dan menjaga keutuhan keluarga.

Di dalam keluarga yang bahagia, salah satunya yang wajib ditanamkan adalah saling menghargai antara satu dengan yang lainnya. Membangun kepercayaan, menghargai kebersamaan serta saling terbuka adalah kunci dari kebahagiaan keluarga.

Keluarga bahagia selalu dapat mengatasi segala masalah yang diselesaikan secara bersama-sama karena mereka tahu segala hal yang tidak baik itu hanyalah sementara dan tidak abadi. Mereka tahu hidup bahagia yang harus abadi, dengan bersama-sama mereka kuat menghadapi segala cobaan yang timbul dan terus bermunculan. Ikatan yang kuat antara keluarga itulah yang mampu mengatasi semuanya. Keluarga berbahagia juga dapat meluangkan waktu di saat senggang.

Tips Membangun Keluarga Bahagia

Keluarga yang diidealkan manusia adalah keluarga yang memiliki mental sehat yang penuh sâkinah (perasaan tenang), mawaddah (cinta), dan rahmah (kasih sayang). Tips keluarga bahagia bisa menjadi alternatif. Antaranggota keluarga saling mencintai satu sama lain, hingga di antara mereka terdapat kesatuan (unity) satu terhadap lainnya.

Mampu menjaga keluarga agar selalu bahagia adalah keinginan setiap orang. Tetapi bagaimana membangun keluarga itu tetap utuh dan bahagia merupakan jawaban yang harus kita temukan bersama. Salah satu yang harus diperhatikan keluarga itu agar tetap bahagia, yaitu sebagai berikut.

Menjaga Komitmen Keluarga
Komitmen Keluarga Bahagia
Komitmen Keluarga Bahagia

Tanpa komitmen yang kuat, hal yang terjadi adalah ketidakharmonisan yang membawa perpecahan dalam keluarga. Komitmen dalam keluarga akan membawa kehidupan yang lebih baik dan mampu membawa keluarga ke arah positif dimana akan tercapai yang namanya sakinah mawaddah warohmah, yaitu keluarga yang salin terikat dan penuh kasih sayang.

Saling Memperingati dan Memberi Nasihat

Saling menasihati antara keluarga sangat diperlukan karena akan mengingatkan kita dari berbuat kesalahan. Dalam memberikan nasehat ini harus dengan penyampaian yang bijaksana dan tidak menggurui atau menyalahkan.

Menjaga Keluwesan dalam Hubungan Berkeluarga

Keluwesan mutlak diperlukan untuk menjaga keluarga dari suasana yang terpaksa dan tidak nyaman ketika bersama. dengan begitu, kebersamaan antara keluarga itu berdasarkan karena saling cinta dan saling menyayangi.

Kerjasama dengan Keluarga

Suami istri harus mampu bekerjasama menjalani kehidupan dan mampu menyesuaikan tugas sesuai dengan koridornya. Sementara itu, orang tua dan anak harus mampu bekerjasama dalam keluarga dengan berbagai tugas sesuai dengan aturan yang berlaku dari keluarga itu. Dengan begitu, maka tidak akan ada saling terpaksa ketika menjalankan tugasnya. Hal itu tentunya akan membawa keharmonisan bersama serta menjadikan keluarga bahagia.'

Menemukan Sisi Positif

Pusatkan perhatian pada apa yang dilakukannya secara benar, bukan pada yang salah. Gampang memang bagi Anda untuk menemukan hal keliru yang dia lakukan. Anda pun sama juga selalu bisa menemukan hal benar. Jika dua-duanya mudah, mengapa Anda tak mencari hal yang benar. Karena itu akan membantu Anda membangun keharmonisan rumah tangga. Kata Goulston, pasangan bahagia lebih memilih sisi positif.

Saling Percaya

Hal yang paling utama dalam sebuah keluarga itu, yaitu harus saling mencintai, mengasihi serta saling memberi kepercayaan. Tanpa itu semua, maka kebahagian dalam keluarga itu akan sulit tewujud dan yang bisa mewujudkannya hanya Anda dan keluarga. Mari menuju keluarga bahagia ma waddah wa rohmah dalam lindungan-Nya.

Saling Memaafkan

Rumah tangga tanpa kepercayaan, sama saja dengan meniti petaka. Jadi, buatlah kepercayaan dan memaafkan sebagai pegangan baku dalam hubungan Anda. Ketika pasangan bahagia bertengkar atau berbeda pendapat dan tak bisa menyelesaikan, mereka akan mengutamakan rasa percaya dan memaafkan satu sama lain, bukan rasa tidak percaya dan tanpa ampun.

Membangun Kasih Sayang
Kasih Sayang untuk Keluarga Bahagia
Kasih Sayang dalam Keluarga Bahagia

Membangun nilai-nilai kasih sayang antar sesama anggota keluarga salah satu tips keluarga yang wajib diterapkan. Berbicaralah dengan kelembutan dan akhlak yang baik. Jadikan setiap anggota keluarga sebagai rekan bicara yang baik, antara ibu dan anak, ayah dan anak, suami istri dan sebagainya harus saling mempercayai bahwa masing-masing merupakan teman bicara yang baik, memberikan kelembutan, kasih sayang dan penghargaan yang tinggi kepada masing-masing anggota keluarga. Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, contoh pertamanya adalah pada orang tua.

Mengatakan Cinta

Jangan ragu untuk mengatakan cinta pada pasangan Anda. Ungkapkan saja, “Aku cinta padamu” atau bentuk perhatian lain, misalnya dengan mengatakan, “Baik-baik ya” pada pagi hari. Itu merupakan cara hebat untuk mendapatkan kesabaran dan toleransi menghadapi dunia luar yang tak teratur dan semrawut. Selain itu juga untuk meyakinkan pasangan bahwa Anda mencintai dia, juga wujud perhatian Anda.

Hubungan dengan Keluarga Besar

Tips keluarga bahagia juga meliputi hubungan pasangan suami istri terhadap keluarga besar dari kedua belah pihak. Rumah tangga tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak disertai dengan kecintaan dan rasa restu dari keluarga besar.

Sabar

Orang yang bahagia adalah yang dijauhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang senantiasa bersabar ketika dihadapkan pada ujian dan cobaan. Sesungguhnya, bersabar itu tidak ada batasnya. Hanya manusia sendiri yang membatasi kemampuannya untuk bersabar.

Hubungan Baik dengan Anak

Bagi Anda yang berumah tangga dan sudah memiliki anak, menjaga hubungan harmonis dengan anak merupakan tips keluarga bahagia yang tidak bisa Anda abaikan. Salah satu caranya dengan saling berinteraksi dengan anak.

Beberapa tips membangun keluarga bahagia di atas jika akan memberikan kesinambungan jika berjalan lancar. Memang tidaklah mudah membuat keluarga bahagia secara utuh, tapi akan menjadi mudah jika ada niat keras dan kerjasama antara satu keluarga. Semoga Tips Keluarga Bahagia di atas dapat memotivasi untuk membangun keluarga harmonis yang langgeng sampai ajal memisahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar